"GOWIRIO" Makanan Khas Nias ini Bikin Rindu Kampung Halaman

Gowirio Makanan Khas Nias
Photo http://cdn.jitunews.com
Ubi kayu dalam bahasa Nias adalah "Gowirio" Merupakan tumbuhan tropika dan subtropika dari famili Euphorbiaceae yang terkenal sebagai sumber utama karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Ubi kayu dikatakan berasal dari bahagian tropika Amerika Selatan tetapi kini taburannya hampir di semua kawasan tropika seluruh dunia yang berkembang tidak terbatas dan perlu dibudidayakan sebagai salah satu makanan tradisional hasil tanaman.

Nah, Gowirio merupakan tanaman yang mudah ditanam di jenis tanah yang ada di pulau Nias. Biasanya orang nias menanamnya di belakang rumah, dikebun, pokoknya dimana saja dia mudah tumbuh. Masyarakat Nias memang telah terbiasa membudidayakan tanaman yang disebut gowirio ini. Untuk orang zaman dahulu, jika orang nias pergi ke ladang tanpa bawa makananpun mereka tetap semangat keladang. Kenapa? dikebun mereka pasti sudah ditanami banyak jenis-jenis makanan, yang di antaranya adalah GOWIRIO (Ubi kayu).

GOWIRIO ini mudah skali gimana cara mengolahnya, walaupun tidak seenak jika pake bumbu sgala macam skarang ini. Orang Nias biasanya Gowirio ini cuman dibakar saja, dan itupun bisa membuat orang jadi tahan lama untuk bekerja, ya pastinya minum juga dong,,,hehehehe. Selain dibakar, bisa juga direbus lho, Istilahnya dalam bahasa nias Nigötö-Nigötö, tapi gak kalah enak dengan yang dibakar, nah gimana, Pengen cobakan???

Hal ini sudah Turun temurun  dipercayai oleh Masyarakat Nias dan masih ada sampai saat ini. Oh iya, Gowirio ini ada lagunya juga lho, "Gowirio - Hafino S Duha" yang dikarang oleh artis lokal Nias juga, jika pengen dengar lagunya download aja di google.

Sekian penjelasan singkat dari saya tentang "GOWIRIO", Kurang lebih mohon untuk dimaklumi. Jika saudara ingin untuk menambahkannya, silahkan beri komentar anda dibawah ini, Terimakasih. 

0 Response to ""GOWIRIO" Makanan Khas Nias ini Bikin Rindu Kampung Halaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel