Wow, Rumah Adat Tradisional Nias Memiliki Keunikan tersendiri, Apa Keunikannya?

Rumah adat nias selatan
Rumah adat nias selatan dengan atap daun rumbia

Omo sebua adalah jenis rumah adat Nias, sumatera utara. omo sebua adalah rumah yang khusus dibangun untuk rumah adat desa dengan tiang-tiang besar dari kayu besi dan atap yang tinggi. Omo sebua di desain secara khusus untuk melindungi penghuninya dari serangan saat terjadi perang suku pada zaman dahulu. jalur masuk kerumah hanyalah tangga kecil yang di lengkapi pintu jebakan. bentuk atap rumah yang sangat curam dapat mencapai 16 meter. selain digunakan untuk berlindung dari serangan musuh, omo sebua diketahui tahan terhadap goncangan gempa bumi.

Rumah adat nias selatan

rumah adat nias merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di pulau nias. meskipun sudah berumur ratusan tahun, rumah adat nias atau omo hada, masih bertahan sampai sekarang. rumah adat nias ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tidak menggunakan paku untuk menghubungkan masing-masing bagian dirumah adat tersebut, tetapi hanya menggunakan pasak kayu. karena semua bahan bangunan dari omo sebua ini hanya terdiri dari kayu-kayu besar khas nias dan sangat kuat, seperti kayu manawodano, kayu berua, kayu afoa, kayu avini, kayu simalambuo dan daun rumbia (bulu zaku), berbeda dengan rumah -rumah pada umumnya. namun omo sebuah atau rumah adat ini terbukti sangat kokoh

Rumah adat nias selatan
Rumah adat Nias Selatan

Sebuah karya seni arsitektur tertinggi di masa lalu yang dipadukan dengan sebuah keunikan menghasilkan sebuah Rumah Adat Tradisional Nias yang terkenal sebagai rumah berkolong yang disambungkan tanpa menggunakan paku besi. Rumah adat Nias yang fenomenal diilhami dari bentuk sebuah kapal oleh para nenek moyang orang Nias yang dulunya juga sebagai pelaut. Menghuni atau memiliki sebuah rumah adat adalah sebuah "symbol of pride" orang-orang di masa lampau, karena hanya orang-orang kaya dan terpandanglah yang mampu membangun sebuah rumah adat tradisional. Ratusan ekor babi dipotong untuk menyelenggarakan puluhan kali pesta besar sebelum rumah itu benar-benar jadi. Hingga saat ini, tukang yang bisa membuat rumah adat Nias dapat dihitung dengan jari. Tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan mahalnya biaya pembuatan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan minimnya jumlah para tukang. Padahal rumah adat Nias ini merupakan sebuah rumah adat yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan tahan gempa.
Rumah adat Nias Selatan ada beberapa istilah diantaranya :
  • Ehomo
  • Lawa-lawa
  • Nora
  • Juasa
  • Hare-hare
  • Etawolo
Refrensi dari 
Group facebook Go Nias

2 Responses to "Wow, Rumah Adat Tradisional Nias Memiliki Keunikan tersendiri, Apa Keunikannya?"

  1. Mantap neh info nya.
    Kunjungi juga http://www.tanoniha.net/p/blog-page_5.html

    ReplyDelete
  2. ok, teriakasih telah berkunjung...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel