Terlihat Seram, Tari Perang Nias yang di barengi dengan Famanu-manu

Tari perang nias famanu-manu Hilifalago
Seorang pemuda Hilifalago sedang atraksi tari perang dibarengi dengan famanu-manu
Tari Perang merupakan bagian dari tradisi khas Nias yang berhubungan erat dengan Lompat Batu Nias, karena lahirnya berbarengan dengan tradisi Hombo Batu. Dahulu kala Suku Nias sering berperang antar suku. Biasanya pemicu perang adalah perebutan lahan atau bahkan perebutan kekuasaan. Seperti halnya sistem kepemimpinan kampung yang dipimpin seorang kepala desa atau kepala suku. Dahulu setiap kampung di Nias juga dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut Si'ulu yang berarti bangsawan.


Prosesi pertunjukan tarian ini dipimpin seorang Komando layakya strategis dalam perang yang dipimpin oleh seorang panglima. Kemudian akan memberi aba-aba kepada penari untuk membentuk formasi berjajar panjang yang terdiri dari empat jajar. Posisi komando berada di depan menghadap kearah penari. Tarian kemudian dimulai dengan gerakan kaki maju mudur sambil dihentakkan ke tanah dan meneriakkan kata-kata pembangkit semangat. Makna gerakan ini adalah kesiapan pasukan untuk maju ke medan perang dengan penuh semangat kepahlawanan. Kemudian diikuti dengan formasi melingkar yang bertujuan untuk mengepung musuh, setelah musuh terkepung para kesatria akan dengan mudah untuk melumpuhkan mereka.
Tari perang nias famanu-manu Hilifalago
Atraksi Famanu-manu
Tari perang nias menggunakan berbagai peralatan perang seperti:
1.      Baju perang dengan perpaduan antara warna merah kuning dan hitam.
2.      Pedang tologu.
3.      Perisai atau tameng atau dalam bahasa nias dikenal dengan istilah baluse.
4.      Topi perang atau mahkota, dan berbagai hiasan lainnya.
5.      tombak atau toho bagi masyarakat Nias dengan panjang sekitar 2 meter.
Gerakan Tari Perang atau yang sering disebut Tari Baluse sangat dinamis, hentakkan kaki yang diiringi oleh musik dan gerakan mengayunkan tombak dan pedang menggambarkan semangat para prajurit dalam mempertahankan kampung mereka dari serangan musuh. Tidak hanya itu saja, suara yang dipandu oleh para penari juga merupakan ekspresi ketangkasan dan kepahlawanan para kesatria.

Istilah Famanu-manu.
Famanu-manu adalah bagian dari tarian perang, dimana atraksi ini menunjukkan untuk menyerang lawan. Dan  disini akan ada gerakan-gerakan menangkis atau menahan serangan dari lawan. Sangat terlihat seram dimana atraksi ini bener-bener menggunakan alat perang, seperti tombak, pedang, baluse dan lain sebagainya. Sehingga orang banyak bisa mengerti dan mengetahui bagaimana dulunya nenek moyang kita untuk terhindar dari sebuah serangan. 

Tari perang nias famanu-manu Hilifalago
Foto atraksi famanu-manu
Terimakasih sudah berkunjung, alangkah baiknya berikan komentar saudara di kolom komentar dibawah ini. 

Refrensi dari
http://niassweethome.blogspot.co.id
http://catatanrelis.blogspot.co.id

0 Response to " Terlihat Seram, Tari Perang Nias yang di barengi dengan Famanu-manu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel