Pernikahan Di Nias Termasuk Pernikahan Yang Paling Mahal Di Indonesia

pernikahan termahal di indonesia

Selain daerah kalimantan, aceh, suku sasak, dan lain sebagainya Nias salah satu diantaranya dimana termasuk pernikahan yang mahal di indonesia. Setiap daerah tidak bisa lepas dari tradisi dan kebudayaanya, ini karena tradisi tersebut sudah melekat pada masyarakatnya. beribu budaya yang ada di indonesia dan itu sangat berbeda-beda atau punya ciri khas tersendiri, mulai dari makanan khas, adat pernikahan, upacara pemakaman, adat pesta menyambut tamu dan lain sebagainya. Semua daerah juga punya barang yang di sebut dengan megalitik dan itu hanya dimiliki oleh daerah tertentu. Pastinya punya arti dan makna tersendiri dalam ciri khas budaya masing-masing.

Tradisi pernikahan suatu daerah menjadi kebanggaan dan kekayaan yang harus tetap dijaga agar tidak hilang karena perkembangan zaman saat ini. Pernikahan adalah persekutuan yang ekslusif seumur hidup antara seorang pria dan seorang wanita. Pernikahan adalah satu komitmen antara seorang laki-laki dan perempuan yang melibatkan hak-hak seksual secara timbal balik. Pernikahan adalah satu lembaga yang ditetapkan Tuhan bagi semua orang, bukan hanya orang Kristen saja, tetapi untuk semua orang.

Nah, adat pernikahan di pulau Nias ada istilah "Böwö

Penjelasan Singkat tentang "Böwö"
Böwö adalah sebutan mahar dalam sistem adat perkawinan di Nias. Tetapi Böwö ini telah melahirkan problem baru yang tidak selalu disadari oleh masyarakat Nias sendiri. Keganjilan penerapan Böwö ini juga dirasakan oleh mereka yang pernah tinggal (berkunjung) di Pulau Nias. Dan tidak heran jika kebanyakan orang dari luar Nias yang pernah ke Pulau Nias selalu memiliki kesan: mahar, jujuran (böwö, gogoila) perkawinan Nias mahal! Oleh karenanya ketika mereka mau (baca: akan) menikah dengan gadis Nias ada semacam ketakutan, keengganan, keragu-raguan. Dan, tentu hal ini adalah kesan buruk! Ada apa dengan sistem adat perkawinan Nias? Yang salah “sistemnya” atau “masyarakat Niasnya”?

Etimologi böwö adalah hadiah, pemberian yang cuma-cuma. Sama halnya kalau kita memiliki hajatan, entah karena ada tamu atau ada pesta keluarga, dsb., lalu kita beri fanegero kepada tetangga kita (makanan, baik nasi maupun lauk-pauk yang kita makan saat hajatan itu kita beri juga kepada tetangga kita secara cuma-cuma). Ini adalah aktualisasi kepekaan untuk selalu memperhitungkan orang lain di sekitar kita, juga untuk mempererat persaudaraan. Oleh karenanya tak heran jika masyarakat Nias menyebut orang yang ringan tangan sebagai niha soböwö sibai. Jadi, arti sejati böwö mengandung dimensi aktualisasi kasih sayang orangtua kepada anaknya: bukti perhatian orangtua kepada anaknya! "kutipan dari niasonline.net"

Bowo ini malah menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan di Pulau Nias. "Mengapa bisa begitu?". Warga di Nias rata-rata orang tua adalah PETANI, jadi terasa berat dengan biaya yang harus disediakan pada saat pernikahan. Böwö ini di ukur dengan emas. Kemudian di perkirakan berapa ekor babi yang akan di perlukan nantinya pada acara. Biasanya bisa mencapai puluhan ekor bahkan lebih. Seekor babi pasti punya harga yang berbeda-beda tergantung berapa besarnya hewan tersebut. Böwö yang sudah diterima oleh pihak cewek itu tidak di miliki pribadinya sendiri, itu nantinya akan dibagikan kepada keluargnya semua. ada istilah, Sibaya, Ama sakhi, Ina sakhi, Gawe, dan masih banyak lagi keluarga lain yang bersangkutan. Biasanya Böwö yang diminta bisa mencapai 50 jutaan, bahkan diatas 80 juta, 100 juta, Tergantung "Bosi" dan ada juga yang melihat dari profesi seorang cewek. Putri Nias yang sudah sarjana dan sudah bekerja apalagi kalau sudah PNS, pasti nilai Böwö bisa di katakan tinggi.

Yah namanya juga cinta, apapun akan dilakukan meski dengan pengorbanan. Setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing. Walaupun terkadang tradisi tersebut bisa memberatkan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, tapi kita tetap harus menghormatinya.

Di sisi lain, hal itu merupakan bagian dari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi kekayaan budaya tersendiri.

20 Responses to "Pernikahan Di Nias Termasuk Pernikahan Yang Paling Mahal Di Indonesia"

  1. Menghargai budaya itu memang sangat penting����
    #very nice��
    #nias in my heart����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, walaupun pandangan orang banyak agak berat tapi mau tidak mau sudah menjadi tradisi di pulau nias...

      Delete
  2. Masukkan komentar Anda...relatiflah, kl lu bandingkan pernikahan dijakarta yg di hotel jauh lebih mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah beda lagi sih klo menurut saya, inikan dengan tradisi suatu suku.

      Delete
    2. Ya saya setuju dengan Lius Luaha...

      Tapi bagaimana pun kita memiliki adat yg berbeda, mesti kita harus bisa kontrol juga jgn sampai miskin juga gara2 itu...

      Delete
    3. Betul sekali saudariku ISANIA Gea...

      Delete
    4. Robert bali@ perlu kita ketahui y
      Bahwa adat sama kemarahan itu beda.
      Adat pesta nias mungkin akan lebih mahal lagi daripada jakarta sana klo pesta nya dibikin mewah
      Krn biaya kemewahan pesta di luar dari biaya adat pesta
      Terimakasih

      Delete
    5. Robert bali@ perlu kita ketahui y
      Bahwa adat sama **kemewahan itu beda.
      Adat pesta nias mungkin akan lebih mahal lagi daripada jakarta sana klo pesta nya dibikin mewah
      Krn biaya kemewahan pesta di luar dari biaya adat pesta
      Terimakasih

      Delete
    6. ea bener, kemewahannya sangat berbeda, terimakasih Komentarnya

      Delete
  3. Emang mahal...
    Sampai2 piutang gak kelar2 sampai beranak cucu hahahah

    #bagiygkurangmamputiadaampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yg harus di jalani, makanya pria nias harus Bener2 bekerja keras untuk segala kebutuhan keluarga...

      Delete
    2. Makanya perlu juga dianalisi sih yah menurut saya. Seperti kami dari keluarga yang sangat sederhana, 4 abgku cowok mereka menikah dengan adat seadanya aja, gak usa berlebihan juga kasihan..

      Delete
    3. ia sih, bisa juga disesuaikan jika kedua belah pihak sangat setuju...

      Delete
    4. Thanks again for the blog post.Really looking forward to read more. Will read on…
      Tangki Fiberglass
      Jual Septic Tank
      Tangki Kimia
      Jual Talang Fiber

      Delete
  4. Halo semua,
    Nama saya nur syarah kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda. , Saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, disana Saya menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi ternyata tidak.

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Mrs. Margaret pedro, CEO Margaret, perusahaan pinjaman pedro, dan saya mengajukan 420 juta, saya Anggap itu adalah lelucon dan kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  5. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO CHRISTABEL LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (christabelloancompany@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (lianmeylady@gmail.com) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    ReplyDelete
  6. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700.000.000,00 dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua muslim sejati dan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel